Portal Jurnalis

Peringatan Hari Guru 2017 MAN 1 CIAMIS Sederhana Namun Tetap Bermakna | Hari Guru 2017

PERINGATAN HARI GURU 2017 DI MAN 1 CIAMIS SEDERHANA NAMUN TETAP BERMAKNA. 

Portal Jurnalis,- CIAMIS. Pada peringatan tahun 2017 ini, siswa siswi dan seluruh tenaga pendidik MAN 1 CIAMIS (MAN DARUSSALAM @PONPES DARUSSALAM DEWASARI, CIAMIS) merayakan “Hari Guru Nasional” secara sederhana. Tanpa hura-hura maupun agenda acara terjadwal. Rangkaian peringatan “Hari Guru Nasional” atau “HGN” 2017 ini diisi dengan bersalaman siswa jenjang terakhir (Kelas XII) kepada seluruh guru MAN 1 CIAMIS.

Peringatan Hari Guru 2017 MAN 1 CIAMIS Sederhana Namun Tetap Bermakna | Hari Guru 2017
Foto : Indowarta.com


PENGERTIAN HARI GURU :
Hari Guru merupakan hari untuk menunjukkan suatu penghargaan terhadap guru, dan biasa diperingati pada tanggal tertentu tergantung kepada kebijakan negaranya ( wilayah ). Di berbagai negara, hari guru nasional atau HGN merupakan hari libur dari sekolah.

Waktu peringatan HGN diberbagai negara antara lain :
EROPA :

Albania : 7 Maret
Rusia : 5 Oktober
Ceko : 28 Maret
Polandia : 14 Oktober
AMERIKA :
USA : Minggu Pertama pada bulan mei
Chili : 16 Oktober
Peru : 6 Juli ( Dimulai sejak 1953 )
Brazil : 15 Oktober ( Dimulai sejak 1963 )
AUSTRALIA :
Biasa diperingati pada hari jum’at terakhir di bulan Oktober.
ASIA :
Hongkong : 10 September
Malaysia : 16 Mei
Singapura : 1 September ( merupakan hari libur sekolah )
Republik Rakyat Cina : 10 September
Korsel : 15 Mei
Iran : 2 Mei
Indonesia : Di Indonesia sendiri, hari guru biasa diperingati setiap tanggal 25 November yang secara bersamaan dengan hari ulang tahun PGRI ( Persatuan Guru Republik Indonesia ).

KRONOLOGIS KEGIATAN :

Pada pagi hari Sabtu, 25 November 2017 kegiatan sekolah berjalan seperti biasanya, kegiatan berlajar mengajar berjalan lancar. Menjelang istirahat, ada satu pengumuman yang ditujukan khusus bagi siswa siswi kelas XII ( 12 ) MAN 1 CIAMIS ( Darussalam ) untuk segera berkumpul di depan Kantor GURU yang terdengar ke seluruh ruangan kelas.
Siswa kelas XII Madrasah Aliyah ini lantas berbondong bondong menuju ruang guru. Sambil menunggu yang lainnya tiba, sebagian dari mereka ada yang berolahraga, membaca buku, mengerjakan tugas, dan berbelanja di kantin sekolah untuk sekadar mengisi perut.
Tak lama berselang, siswa kelas XII mulai memasuki Kantor Guru dengan tertib dan mulai menyalami satu persatu guru, dan yang lainnya mengantri menunggu kebagian masuk. Rasa haru dan sedih mewarnai peringatan hari guru tahun ini, melihat wajah wajah pengajar yang telah berjasa dalam mencerdaskan siswanya, membuat hati ini bergetar.
Meski sederhana acara ini tetap memiliki makna yang mendalam baik bagi siswa maupun bagi guru MAN 1 CIAMIS. Adapun Hikmah yang bisa kita ambil dari peringatan ini adalah utnuk selalu menghormati guru, karena salah satu faktor keberhasilan kita dalam belajar adalah karena ke ridhoan guru terhadap kita, serta untuk tidak melupakan jasa guru yang telah memberikan banyak sekali ilmu dan pengalaman yang mereka bagikan untuk kita semua dalam merancang kehidupan siswanya kedepan.

Mohon maaf, tidak ada dokumentasi photo dalam kegiatan ini, berhubung peringatan hari guru tahun ini di umumkan mendadak pagi hari sebelum istirahat, maka pihak reporter tidak melakukan persiapan dalam pengambilan gambar. Dan gambar yang terdapat dalam tulisan ini hanya untuk mewakili dan melengkapi isinya saja.

-----
*Note : Artikel ini ditulis langsung oleh Reporter Portal Jurnalis, dan Keaslian berita nya terjamin. Jika anda hendak mensalin ( Copy ) artikel ini, terlebih dahulu mengajukan izin ke portaljurnalis@gmail.com atau sertakan link sumber di dalam web anda yang mengarah pada web kami. Terimakasih.
**Salam Kami : REDAKSI Portal Jurnalis.
-----

KATA KUNCI : HARI GURU 2017 CIAMIS, PERINGATAN HARI GURU DI BERBAGAI NEGARA, HIKMAH DARI HARI GURU, PENGERTIAN HARI GURU, ARTI PENTING HARI GURU.